Kegendengan Orang Jawa yang Indah 

Ilmu jawa
Contoh Ilmu gatuk gatuk matuk

Kemarin dulu saya tidak bangga menjadi orang jawa. Jujur wae, kowe mesti yo ngono to? “Hasyah.. apa tuh jawa, ndeso tenan. Bahasanya ndeso, orangnya ndeso” ngono to? Ngaku wae. Wong kiblat kita sama, para artis layar kaca. 

Nek ora Chino, Arab, opo jakarta, ora gagah. Lha piye, wong jogja, magelang, semarang wae ente ente, elu elu, dapurmu ngelu dab dab 😄

Belajarlah sejarah dari mana sana sampai mendalam, sampai ke ilmu rasa, bukan hanya sejarah di akademik saja. Maka kamu akan tau keindahan pulau jawa beserta manusianya. Seperti kegendengan orang gresik ini. (Untuk penulis, wonkgresik, Jok nesu kon, wong jowo gak gampang nesu :p ). 

Saya menyebutnya ‘ilmu gatuk gatuk matuk’. Sebuah ilmu tak terbatas/ tak terhingga. Di negara manapun, bahasa apapun gak ada yang bisa seperti ini. Percoyo wes, ilmu komunikasi paling baik di dunia itu ya ada di jawa. Surga tenan, indah tenan, wong jowo kok dilawan..  lha kok gubernur, presiden, po maneh dajjal, wong Iblis ae geleng geleng weruh kelakuane.. wkwkwk 😄 

Literature bahasa terbaik di dunia adalah bahasa arab. Karena baku dan minim penafsiran. Makanya Al Quran difirmankan dengan bahasa arab. Pernyataan ini diungkapkan Dr. Zakir Naik, cendekiawan muslim dan presiden Islamic Research Foundation. Penghafal banyak kitab dari kaum Islam, kristen, hindu, budha, bahkan ateisme .

Sedangkan literature tertinggi bahasa yang tak terlihat (rasa) adalah bahasa jawa. Salah satu contohnya adalah “Ilmu gatuk gatuk matuk” ini yg cuma ada dalam darah jawa. Jal kon takok dosenmu sing paling ahli bahasa lan etimologi. Mbok menowo saya salah, tolong dimaafkan dan diberi pencerahan. 

Iklan

10 thoughts on “Kegendengan Orang Jawa yang Indah 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s