Pentingnya Lubang Valve pada Kemasan Kopi

image
Kopi Arabika Kayumas

One Way Degasing Valve” atau biasa disebut lubang valve satu arah. Memiliki peranan sangat penting pada penyimpanan kopi Kita. Terutama saat resting time (istirahat usai roasting). Secara ilmiah, gas CO2 di dalam bisa keluar, tapi oksigen dari luar tak bisa masuk. Maka dari itu kemasan dilengkapi valve
jelas lebih baik daripada toples.

Kurang lebih selama 2 minggu setelah biji kopi diroasting akan mengeluarkan gas CO2. Semakin gelap profil roastingnya, semakin banyak CO2 yng dihasilkan. Namun terlalu sedikit CO2  juga tidak baik, karena kesegaran kopi menjadi semakin pendek waktunya. Jika Kita memakai media penyimpanan toples, tentu akan semakin pendek umur kesegaran kopi tersebut.

CARA KERJA VALVE

Valve memiliki bagian dalam seperti pegas yang dilapisi oleh filter berbahan Nylon. Fungsi pegas tersebut adalah untuk mendorong lubang udara bergerak keluar. Namun sebaliknya, ketika ada tekanan udara dari luar, maka valve akan semakin kencang tertutup. Dengan kata lain, valve ini hanya bisa terbuka kalau ada tekanan dari dalam, kalau tekanan datang dari luar, maka valve akan semakin tertutup rapat. Saya analogikan seperti pintu rumah kita yang hanya bisa terbuka satu arah saja, beda dengan pintu alfamart-indomaret 😄

Teknologi valve ini tergolong teknologi baru. Belum banyak pabrikan packaging yang bisa membuatnya. Bisa dikatakan, membuat produk one way valve untuk kemasan kopi lebih sulit daripada membuat kemasan kopi itu sendiri (foil & zipper). Hal ini membuat produk valve masih belum bisa didapatkan di Indonesia, masih harus import dari negara lain dan harganya pun cukup mahal.

Saya sendiri menggunakan kemasan import dari Taiwan. Berstandar internasional dilengkapi alumunium foil and clip/zipper pada kemasan. Demi menjaga citarasa kopi, entah itu kopi untuk konsumsi sendiri maupun dijual, saya sudah tidak menggunakan toples sebagai media penyimpanan kopi. Biasanya saya rekomendasikan buat temen-temen untuk dipakai lagi. Karna kemasan ini masih layak dipakai 2-3 kali pemakaian 250 gram.

Foto diatas adalah kopi arabika single origin dari dusun Kayumas, Situbondo, Jawa Timur yang saya roasting saat senja kemarin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s